RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA : PENDIDIKAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan
melestarikan alam
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi
panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5.Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
7.Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.3
|
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
IPA
|
:
|
6.2
|
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
|
:
|
6.3
|
Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia
|
|
:
|
6.4
|
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Matematika
|
:
|
5.2
|
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
|
|
|
6.2
|
Menceritakan
perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
|
|
|
7.1
|
Menjawab dan atau mengajukan
pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara
insentif
|
|
|
8.1
|
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda baca
|
|
|
8.2
|
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
upacara adat di tiap daerah
§ Siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa
Indonesia
§ Siswa dapat mengidentifikasi agama yang
ada di Indonesia
§ Siswa dapat mengidentifikasi manfaat
gotong royong]
§ Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
gotong royong di masyarakat
§ Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
gotong royong di sekolah
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat menjelaskan perbedaan pasar
tradisional dan pasar swalayan
§ Siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar tradisional
§ Siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar swalayan
§ Siswa dapat menjelaskan dengan yang
dimaksud dengan barter
§ Siswa dapat menyebutkan alat tukar jual
beli yang digunakan pada zaman dulu
§ Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang
kartal
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi kondisi
cuaca
§ Siswa dapat meramalkan keadaan cuaca
yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Siswa dapat menggambar secara sederhana
simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
|
|
§ Siswa dapat mengidentifikasi kehidupan
manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Siswa dapat mendeskripsikan hubungan
antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
|
|
|
§
Siswa dapat membuat daftar
jenis-jenis sumber daya alam
§ Siswa dapat menjelaskan kegunan sumber
daya alam
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat menggambar luas persegi
§ Siswa dapat menggambar luas persegi
panjang
§ Siswa dapat membandingkan luas bangun
datar
§ Siswa dapat mengurutkan luas berbagai
bangun datar
§ Siswa dapat menaksir luas daerah
beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
§ Siswa dapat menemukan cara menghitung
luas persegi
§ Siswa dapat menemukan cara menghitung
luas persegi panjang
§
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap
suatu pernyataan
§ Siswa dapat menjelaskan secara lisan
tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§ Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan
yang dibacakan teman
§ Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari
dongeng yang dibacakan
§ Siswa dapat membaca bacaan dengan suara
lantang
§ Siswa dapat mengamati gambar seri
§ Siswa dapat menentukan urutan dan maksud
gambar seri
§ Siswa dapat memahami dan menggunakan
kata depan ke
§ Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
kata depan
§ Siswa dapat menyusun kalimat acak
§ Siswa dapat menulis amanat puisi yang
sudah ditulis siswa
§ Siswa dapat mengubah puisi yang sudah
ditulis ke dalam bentuk prosa
|
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§ Kekayaan alam Indonesia
§ Harga diri
§ Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menjelaskan yang dimaksud dengan cuaca
F Siswa berdiskusi
secara berkelompok tentang macam-macam cuaca beserta keuntungan dan kerugian dari cuaca tersebut
PKn
F Guru menjelaskan
tentang upacara adat dan amcam-macam upacara adat yang ada di Indonesia
F Siswa
mempraktekkan/ mendemonstrasikan salah satu upacara adat
Matematika
F Guru menjelaskan mengenai luas persegi
F Siswa menggambar luas persegi dengan ukuran yang telah ditentukan
oleh guru
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru membaca suatu cerita
F Siswa menanggapi cerita yang telah dibacakan guru
IPS
F Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang perbedaan pasar
tradisional dan pasar swalayan, kemudian hasilnya dikumpulkan
Matematika
F Siswa menggambar luas persegi panjang dengan macam-macam ukuran
ý Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa secara berpasangan saling tanya jawab tentan bacaan
yang dibacanya
Matematika
F Siswa mengerjakan
soal-soal yang diberikan guru tentang membandingkan luas bangun datar
IPA
F Siswa dapat
menyebutkan gejala-gejala cuaca yang akan terjadi menurut pengalamannya
masing-masing
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siwa membuat kincir angin yang sederhana yang digunakan untuk
menunjukkan kondisi cuaca
PKn
F Guru menerangkan tentang macam-macam suku bangsa dan agama yang
ada di Indonesia
F Guru memberikan tugas kliping tentang macam-macam pakaian adat
suku bangsa dan tempat ibadah umat beragama
Matematika
F Siswa
mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dengan cara mengurutkan luas berbagai
bangun datar
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika
)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa membaca dongeng secara lantang
F Siswa membuat pertanyaan dari dongeng yang dibacanya
IPS
F Guru menjelaskan tentang pasar tradisional dan pasar swalayan
F Siswa berdiskusi
secara kelompok mengenai keuntungan dan kerugian jula beli di pasar tradisional dan pasar swalayan
Matematika
F Siswa menggambar
bangun persegi dengan cara menghitung petak satuan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membuat
kalimat dari gambar-gambar yang ada pada buku dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah cerita
IPA
F Siswa dapat menjelaskan cara kehidupan dan mata pencaharian
masyarakat yang berada di cuaca dingin (contoh : daerah Pangalengan, Lembang)
Matematika
F Siswa membuat gambar persegi panjang dengan cara menghitung
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa menjelaskan pakaian yang dikenakan yang sesuai dengan
keadaan cuaca tertentu
PKn
F Siswa mendemontrasikan dengan cara membuat
drama yang isinya mengenai keramahtamahan masyarakat Indonesia
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata depan ke-
F Siswa melengkapi kalimat dengan kata depan
IPS
F Guru menjelaskan yang dimaksud dengan barter dan alat tukar jual
beli pada zaman dahulu
F Siswa mempraktekkan di kelas tentang jual
beli dengan cara barter
Matematika
F Siswa menegrjakan soal-soal cara menghitung luas persegi
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F Siswa menyusun kalimat yang diacak dengan
tulisan sambung
IPA
F Siswa membuat kliping tentang macam-macam
pakaian yang sesuai dengan keadaan cuaca
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal
cara menghitung luas persegi panjang
Minggu IV
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F Siswa
mengelompokkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
PKn
F
Siswa menjelaskan
manfaat gotong royong
F Siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dikerjakan
secara gotong royong di masyarakat
Matematika
F Siswa
mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa menulis puisi yang
berisikan amanat
IPS
F
Siswa
menyebutkan jenis-jenis uang kartal
F Siswa mempraktekkan jual beli dengan menggunakan uang kartal
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal
cerita yang berhubungan dengan bangun datar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Siswa mengubah puisi yang diberikan oleh guru ke dalam
bentuk prosa
IPA
F Siswa menjelaskan keguanaan-kegunaan dari tiap-tiap
sumber daya alam
Matematika
F Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan
dengan bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F
Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
F
Guru dan
siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasi macam-macam upacara
adat di tiap daerah
§
Mengidentifikasi suku bangsa
§
Mengidentifikasi agama yang
ada di
§
Mengidentifikasi manfaat
gotong royong]
§ Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di masyarakat
§ Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di sekolah
IPS :
§ Menjelaskan perbedaan pasar tradisional
dan pasar swalayan
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar tradisional
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar swalayan
§ Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan
barter
§ Menyebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman dulu
§ Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§ Mengidentifikasi kondisi cuaca
§ Meramalkan keadaan cuaca yang akan
terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Menggambar secara sederhana simbol yang
bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§ Mengidentifikasi kehidupan manusia yang
sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Mendeskripsikan hubungan antara pakaian
yang dikenakan dengan keadaan
§
Membuat daftar jenis-jenis
sumber daya alam
§ Menjelaskan kegunan sumber daya alam
Matematika :
§ Menggambar luas persegi
§ Menggambar luas persegi panjang
§ Membandingkan luas bangun datar
§ Mengurutkan luas berbagai bangun datar
§ Menaksir luas daerah beberapa bangun
datar dengan menghitung petak satuan
§ Menemukan cara menghitung luas persegi
§ Menemukan cara menghitung luas persegi
panjang
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§ Menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
§ Menjelaskan secara lisan tentang isi
dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§ Menjawab pertanyaan bacaan yang
dibacakan teman
§ Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang
dibacakan
§ Membaca bacaan dengan suara lantang
§ Mengamati gambar seri
§ Menentukan urutan dan maksud gambar seri
§ Memahami dan menggunakan kata depan ke
§ Melengkapi kalimat dengan kata depan
§ Menyusun kalimat acak
§ Menulis amanat puisi yang sudah ditulis
siswa
§
Mengubah
puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Sebutkanlah macam-macam upacara adat di
tiap daerah
§
Jelaskanlah suku bangsa
§
Jelaskanlah agama yang ada di
§
Jelaskanlah manfaat gotong
royong]
§ Jelaskanlah kegiatan
gotong royong di masyarakat
§ Jelaskanlah kegiatan
gotong royong di sekolah
IPS :
§ Jelaskanlah perbedaan
pasar tradisional dan pasar swalayan
§ Jelaskanlah keuntungan
dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§ Jelaskanlah keuntungan
dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§ Jelaskanlah dengan
yang dimaksud dengan barter
§ Sebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman dulu
§ Sebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§ Jelaskanlah kondisi
cuaca
§ Jelaskanlah keadaan
cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Jelaskanlah secara
sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§ Jelaskanlah kehidupan
manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Jelaskanlah hubungan
antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
§
Buatkanlah daftar jenis-jenis
sumber daya alam
§ Jelaskanlah kegunan
sumber daya alam
Matematika :
§ Buatkanlah gambar
luas persegi
§ Buatkanlah gambar
luas persegi panjang
§ Bandingkan luas bangun datar
§ Urutkan luas berbagai bangun datar
§ Naksir luas daerah beberapa bangun datar
dengan menghitung petak satuan
§ Temukan cara menghitung luas persegi
§ Temukan cara menghitung luas persegi
panjang
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§ Nyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
§ Jelaskanlah secara
lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§ Jelaskanlah pertanyaan
bacaan yang dibacakan teman
§ Jelaskanlah pertanyaan
dari dongeng yang dibacakan
§ Bacakanlah bacaan dengan suara lantang
§ Jelaskanlah cara mengamati gambar seri
§ Tentukan urutan dan maksud gambar seri
§ Jelaskanlah cara memahami dan menggunakan kata depan ke
§ Jelaskanlah cara melengkapi kalimat dengan kata depan
§ Susunkanlagh kalimat acak
§ Tuliskanlah amanat puisi yang sudah
ditulis siswa
§ Jelaskanlah cara mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
· LKS
· Lmbar observasi.
|
VII. Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar